Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemakaian Oksigen di RSUD Sultan Imanuddin Melonjak Drastis

  • Oleh Wahyu Krida
  • 07 Juli 2021 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Banyaknya pasien covid-19 yang sebagian masih dirawat di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) membuat pemakaian oksigen sebagai sarana bantu pernapasan meningkat drastis.

Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, dr Fachruddin, Rabu, 7 Juli 2021 menjelaskan, berdasarkan data yang ada sejak awal pandemi covid-19, hingga saat ini pemakaian oksigen berkisar 2 hingga 3 ton per-hari.

"Saat ini rata-rata pemakaian oksigen dalam sebulan  berkisar 50 ton . Sebelum adanya covid-19, rata-rata pemakaian oksigen berkisar 12 ton sebulan," jelas Fachruddin.

Oksigen tersebut, lanjut Fachruddin, tentunya sangat diperlukan oleh pasien covid-19 yang rata-rata mengalami sesak napas.

"Karena keperluan oksigen yang banyak untuk keperluan perawatan pasien covid-19 yang mengalami gejala sedang dan berat, maka belakangan ini kami tidak melayani pengisian oksigen untuk kebutuhan diluar RSUD," jelas Fachruddin.

Berdasarkan data pasien covid-19 sejak awal hingga terakhir tanggal 7 Juli 2021, di Kabupaten Kobar terdapat 4.659 orang yang terkonfirmasi positif covid-19. Dari jumlah tersebut, saat ini, 636 menjalani perawatan di RSUD dan isolasi mandiri, kemudian 3.916 orang sembuh. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru