Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Pantau Pelaksnaan Tes PCR Massal untuk 405 Warga

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 09 Juli 2021 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Hendra Lesmana memantau langsung proses pengambilan sampel melalui Polymerase Chain Reaction (PCR) test atau tes PCR Covid-19 terhadap 405 warga. Tes PCR massal diperuntukkan bagi warga hasil tracking dan warga yang kini positif corona dan masih menjalani proses karantina. Tes PCR massal itu dipusatkan di RSUD Lamandau, Jumat 9 Juli 2021.

Tes PCR massal itu dilakukan dalam upaya memutus rantai penularan sekaligus deteksi dini terhadap potensi peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Lamandau yang didasarkan pada hasil tracking terhadap berbagai klaster.

"Hari ini ada 405 warga yang mengikuti tes PCR. Mereka ada dari beberapa kluster hasil tracking yang kita (Satgas Covid-19 Lamandau) lakukan, baik dari klaster perkantoran, masyarakat umum atau dari kluster dunia usaha," ungkap Bupati Hendra kala dibincangi di sela kegiatan. 

Bupati berharap adanya tes PCR massal yang difasilitasi Satgas dan Pemkab Lamandau itu akan dapat mengetahui potensi peningkatan jumlah kasus agar dapat ditanggulangi secara tepat dan terukur.

"Tes PCR massal ini juga sebagai salahsatu bentuk tanggungjawab kita dalam meberikan perlindungan terhadap kesehatan masyarakat. Tentu dari hasilnya (hasil PCR) nanti akan kita jadikan pedoman untuk membuat 'treatment ' paling tepat," jelasnya. 

Bupati Hendra yang juga Ketua Satgas Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 itu juga menyebut, 405 orang yang menjalani tes PCR hari ini merupakan warga hasil trakcing yang belum test PCR, selain itu juga mereka yang sebelumnya telah dinyatakan positif dan tengah menjalani proses karantina di Mess Desa.

Saat melakukan pemantauan jalannya tes PCR massal Bupati juga didampingi Sekda Lamandau Muhamad Irwansyah dan Direktur RSUD Lamandau Ning Agustina. 

"Kita tunggu hasilnya ya, kami mohon doa agar semuanya negatif Covid-19. Nanti bagi warga yag hasil tes PCR-nya negatif sudah kita perbolehkan pulang," tukasnya. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru