Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kendalikan Banjir, Pemkab Barito Utara akan Bangun Bendungan di Sungai Lahei

  • Oleh Ramadani
  • 09 Juli 2021 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara berencana membuat bendungan di Sungai Lahei guna mengendalikan dampak banjir yang sering melanda beberapa desa di sekitar Sungai Lahei di setiap tahun.

Rencananya bendungan akan ditempatkan di Jembatan Dandap, Desa Haragandang, Kecamatan Lahei yang merupakan hulu desa Kecamatan Lahei yang dialiri Sungai Lahei.

Untuk mengetahui kondisi rencana lokasi pembuatan bendungan, maka Bupati Barito Utara, Nadalsyah bersama Wakilnya Sugianto Panala Putra, Kepala Dinas PUPR beserta jajaran dan unsur kepala SKPD lainnya langsung meninjau lokasi tersebut.

Nadalsyah beserta rombongan juga bermalam di sekitar lokasi  yakni di Camp Paraluang PT Wiki Desa Haragandang.

Nadalsyah mengatakan dengan dibangunnya bendungan akan dapat mengatur debit air Sungai Lahei sebagai pengendali banjir yang tiap tahun melanda beberapa desa di Kecamatan Lahei.

Selain itu bendungan juga berfungsi sebagai penggali potensi sumber daya alam lainnya. "Seperti potensi dari sektor pertanian, perikanan dan pariwisata akan dapat tumbuh dan berkembang," jelasnya.

Bupati meminta kepada Dinas PUPR untuk mengkaji rencana pembangunan Bendungan Sungai Lahei dari sisi teknis bangunan bendungan, Dinas Lingkungan Hidup dari sisi dampak lingkungan hidup yang akan ditimbulkan dan BPBD menganalisa bencana banjir yang terjadi setiap tahunnya.

"Segera bentuk tim dalam proses pengajuan perencanaan pembangunan bendungan kepada instansi terkait," katanya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru