Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sandiaga Uno Ajak Anak Muda Bangun Indonesia

  • Oleh ANTARA
  • 09 Juli 2021 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak anak-anak muda untuk membangun Indonesia di tengah upaya memulihkan ekonomi kreatif dan pariwisata akibat pandemi COVID-19.

Sandiaga mengatakan paradigma pembangunan pariwisata akan difokuskan kepada pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan dengan SDM yang terampil.

"Kita butuh dukungan dari Generasi Muda Pembangunan Indonesia, dan kita juga ingin menghadirkan pariwisata yang memberikan kepuasan-pengalaman kepada wisatawan. Jadi bukan hanya dari segi kuantitas, tapi juga kepuasan dan ada diversifikasi produk dan jasa, juga adopsi teknologi digital," katanya dalam diskusi bersama kalangan muda dari Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) secara virtual, Jumat 9 Juli 2021 dikutip dari siaran resmi.

Dia mengatakan, gelombang kedua COVID-19 yang menerpa Indonesia, termasuk ditemukannya varian delta, memicu penutupan seluruh destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif. Mengulang peristiwa yang terjadi pada awal tahun 2020, kondisi pariwisata dan ekonomi kreatif dalam kondisi yang memprihatinkan.

Kunjungan wisatawan menukik tajam, devisa turun, tenaga kerja pariwisata yang diperkirakannya lebih dari dua juta lebih kini terancam kehilangan pekerjaan. Padahal kondisi perekonomian pada awal tahun 2021 sudah mulai membaik.

"Cukup memprihatinkan apalagi dengan adanya gelombang varian delta, sehingga belum terlihat perbaikan di sektor pariwisata," katanya.

Kendati demikian, terdapat peningkatan pada ekonomi kreatif, antara lain aplikasi dan game online serta peningkatan kuliner, kriya dan fesyen yang terus bertransformasi dalam ekosistem ekonomi digital.

Sandiaga melihat langkah-langkah pemulihan pariwisata berada pada tiga pilar utama, yaitu adaptasi, kolaborasi dan inovasi.

Bersamaan dengan program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu, pihaknya juga fokus pada sisi kesehatan, seperti sertifikasi CHSE untuk menghadirkan kepercayaan bagi wisatawan. Sertifikasi CHSE katanya menjadi keniscayaan di seluruh kegiatan, baik destinasi wisata maupun sentra ekonomi kreatif.

"Kita harus yakinkan, bahwa pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif harus beradaptasi dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," jelasnya.

Berita Terbaru