Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembelajaran Daring, SMPN 4 Sampit Bagikan 8.300 Buku Pelajaran

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 10 Juli 2021 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pembelajaran Tatap Muka ( PTM) di Kotawaringin Timur, dipastikan kembali ditunda, namun Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 punya cara agar para siswa tetap giat belajar. Salah satunya dengan membagikan 8.300 buku kepada siswa selama belajar dari rumah. 

"Meski belajar dari rumah dan dalam jaringan (daring) kami tetap beri buku. Tidak ada alasan bagi siswa untuk tidak belajar," tegas Kepala SMP Negeri 4 Sampit, Suyatmi, Sabtu 10 Juli 2021.

Sekolah membagikan buku mata pelajaran bagi 830 siswa dari kelas 7 hingga kelas 9. Ada 10 mata pelajaran yang dibagi, berarti ada 8.300 buku yang dibagikan. "Ya, 1 siswa boleh membawa pulang 10 buku, yang penting tidak boleh hilang," katanya. 

Buku-buku tersebut dipinjamkan kepada siswa selama 1 semester. Semester selanjutnya dikumpulkan untuk diganti kembali dengan buku semester 2.

Hal itu dilakukan sekolah agar siswa terbiasa belajar dengan buku. Meski sekolah daring buku tetap efektif menjadi bahan ajar di masa pandemi saat ini. 

"Tidak semua siswa bisa memanfaatkan telepon pintar untuk belajar. Paling juga sebentar. Lebih lama mainnya. Dengan buku, maka mereka akan dipaksa belajar. Memang harus dipaksakan," katanya.

Kendati demikian, Suyatmi berharap bila pandemi ini mereda, sekolah dapat melaksanakan belajar tatap muka kembali. Menurutnya ada banyak hal yang tidak bisa dilakukan ketika belajar daring maupun jarak jauh. Salah satunya, pendidikan karakter bagi para siswa. (USAY NOR RAHMAD/B-6) 

Berita Terbaru