Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadin Kalteng Bantu Pemerintah Vaksinasi Pelaku UMKM

  • Oleh Budi Yulianto
  • 11 Juli 2021 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pengurus Kamar Dagang dan Industri Kalimantan Tengah (Kadin Kalteng) membantu program pemerintah dalam mempercepat vaksinasi terhadap masyarakat, khususnya para pengusaha maupun pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

Seperti vaksinasi massal yang digelar di Palangka Raya pada Sabtu, 10 Juli 2021. "Intinya kita membantu program pemerintah," kata Ketua Kadin Kalteng, Rahmad Nasution Hamka.

Dia menuturkan, vaksinasi yang dilakukan pemerintah juga telah menyasar kepada pelaku UMKM. Oleh sebab itu, pihak kadin lebih fokus menyisir pelaku UMKM industri perumahan dan pengusaha yang belum divaksin. 

"Totalnya ada 400 UMKM dan pengusaha. Kita support pemerintah dan stakeholder terkait dan ini program awal kita (vaksinasi terhadap UMKM dan pengusaha)," paparnya.

Menurutnya, vaksinasi penting dilakukan di masa pandemi Covid-19. Vaksinasi juga merupakan salah satu upaya agar tidak parah, apabila seseorang terserang virus. "Jadi bukan berarti bebas. Harus tetap jalankan protokol kesehatan," ungkapnya.

Masih menurutnya, dalam mencegah Covid-19, diperlukan kesadaran masyarakat untuk selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan, termasuk menyukseskan program vaksinasi. 

Selain vaksinasi, pihaknya juga berkoordinasi dengan kadin pusat agar dapat memberikan bantuan oksigen. Sebab, slain bisa membantu masyarakat di masa pandemi, kata dia, oksigen juga dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

Rahmad menyarankan agar pelaku UMKM dan pengusaha tetap semangat dan berinovasi menjalankan usahanya di masa Covid-19. "Bisa menggunakan online, bersinergi, berkolaborasi dan beradaptasi di masa new normal, yang tentunya nanti bisa memberikan dampak untuk ekonomi," bebernyba.

"Kita harus mampu hidup damai berdampingan. Masalah akhir nanti bagaimana, yang penting tingkatkan imun tubuh, antibodi dengan nutrisi dan gizi yang sehat," demikian Rahmad menyampaikan. (BUDI/B-7)

Berita Terbaru