Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

LegislatorDorong Pemko Palangka Raya Kembangkan RPH

  • Oleh Hendri
  • 12 Juli 2021 - 12:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya Wahid Yusuf mendorong pemerintah daerah mengembangkan Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Menurut dia, RPH besar potensinya digunakan sebagai pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Contohnya, RPH di Jalan Sudirman, Kelurahan Kalampangan yang saat ini telah memiliki tim butcher dan juru sembelih halal (Juleha).

RPH tersebut satu-satunya yang memiliki tim dengan proses penyembelihan sesuai ajaran agama Islam. Jadi masyarakat tidak perlu cemas lagi untuk mencari tempat pemotongan hewan yang betul-betul higienis dan halal.

“Karena dalam tim mereka, petugas bertanggung jawab melakukan penyembelihan hewan secara halal menurut agama dengan sistemnya semi modern artinya higienis pasti terjaga," katanya, Senin 12 Juli 2021.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini mengatakan, Pemko mendirikan RPH dengan tujuan sebagai tempat yang memprioritaskan pemotongan daging sapi yang aman utuh dan halal (ASUH).

"RPH masih perlu mendapat perhatian dari Pemko melalui instansi terkaitnya. Sangat disayangkan apabila tidak pantau secara berkala karena RPH memiliki tim butcher yang kreatif dan juleha yang sudah bersertifikat,” pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru