Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mahakam Ulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

47 Mahasiswa STIE Dahani Dahanai Kuliah Kerja Nyata

  • Oleh Uriutu
  • 12 Juli 2021 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Sebanyak 47 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dahani Dahanai Buntok melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan XIV tahun akademik 2020/2021.

Mahasiswa KKN ini ditempatkan di Kelurahan Buntok Kota, Kelurahan Hilir Sper, Kelurahan Jelapat, dan Desa Pamait selama 1 bulan penuh, mulai 12 Juli - 12 Agustus 2021.

“Tujuan KKN ini agar mahasiswa menerapkan ilmu yang didapatkan selama ini di bangku kuliah kepada masyarakat,” kata Wakil STIE Dahani Dahanai, Harlina Kurniaty usai melepas mahasiswa KKN, Senin, 12 Juli 2021.

Ia menjelaskan, program yang akan dilaksanakan saat KKN ada empat. Yakni bidang pemerintahan, ekonomi dan kewirausahaan, pendidikan, serta bidang sosial budaya masyarakat.

Mereka ini nanti membantu masyarakat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan menggunakan ilmu yang telah dipelajari selama kuliah.

“Mereka ini fokus untuk peningkatan ekonomi kerakyatan dengan melakukan pembinaan Usaha Kecil dan Menengah,” ucap dia.

Menurutnya, para mahasiswa ini akan mendampingi usaha kecil masyarakat baik dari desain produk, teknik pemasaran, dan pengemasan.

Ia mencontohkan misalnya program kewirausahaan mereka membantu masyarakat di bidang pemasaran. Hal ini karena menurutnya kelemahan perekonomian salah satunya dibidang pemasaran produk.

Kemudian, membantu membuat kerajinan dari kain plana yang sedang booming, bisa dibuat gantungan kunci, bunga dan lain sebagainya.

Hal tersebut diharapkan dapat membantu ekonomi masyarakat terutama di tengah pandemi covid-19.

“Dengan begitu masyarakat tidak lagi bergantung dengan perusahaan, karena telah memiliki usaha sendiri,” beber dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru