Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Lanpasa Berharap Dukungan Pemerintah untuk Pengembangan Budidaya Ikan Gabus

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Juli 2021 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sudarsono mengatakan warga Desa Lanpasa, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan mengharapkan dukungan dari pemerintah untuk membantu mereka dalam mengembangkan budidaya ikan gabus.

Harapan ini disampaikan masyarakat kepada pihaknya saat melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah itu beberapa waktu lalu.

"Kita ketahui budidaya ikan gabus di Kalteng ini sangat jarang, dan peluang inilah yang dimanfaatkan oleh masyarakat di desa itu. Namun, ada beberapa hal yang menjadi kendala sehingga pembudidayaannya belum maksimal," ucapnya, Senin, 12 Juli 2021.

Dia menjelaskan adapun salah satu kendala yang tengah dihadapi masyarakat dalam melakukan pembudidayaan ikan gabus yaitu minimnya metode pengembangbiakan serta ketersediaan pakan.

Pasalnya, selama ini masyarakat setempat untuk mendapatkan bibit ikan gabus tersebut hanya dengan cara menangkapnya di sungai.

Selain itu dengan minimnya ketersediaan pakan tak jarang ikan gabus liar yang dipelihara tidak ingin memakan pakan buatan pabrik.

"Kalaupun itu pakan buatan pabrik tetap dimakan, namun ketersediaan pakan juga menjadi kendala sebab, ketersediaan pakan ikan kita masih bergantung dengan daerah lain. Oleh karena itu Pemkab Seruyan harus bisa membuat terobosan untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan di wilayah tersebut," tuturnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru