Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maling Televisi Terancam Penjara

  • Oleh Apriando
  • 12 Juli 2021 - 18:56 WIB

BORNEONEWS Palangka Raya - Saupi Yanto hanya bisa pasrah saat duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri Palangka Raya. Senin 12 Juli 2021

Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Saupi sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 363 ayat 1 ke 3 KUHP karena mencuri sebuah televisi.

"Terdakwa mengambil barang bukan kepunyaan terdakwa dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum dilakukan pada malam hari dalam sebuah rumah atau bertentangan dengan kemauannya orang berhak (yang punya)" kata JPU Hamdanah saat membacakan dakwaan, 

Dalam dakwaannya, JPU mengungkapkan kejadian ini bermula pada Kamis 29 April 2021 sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu terdakwa membeli zenith dan minuman keras.

Lalu setelah dapat barang haram itu, terdakwa kembali ke rumah, kemudian terdakwa minum zenith beserta minuman merek Columbus lalu sekitar pukul 23.00 WIB dari situ timbul ada niatan mencuri.

Dalam perjalanan berjalan kaki terdakwa melihat rumah kayu yang sepi lalu terdakwa mendekati pintu dan menggeser kuncinya melalui angin pintu.

Kemudian terdakwa masuk lalu menuju ke ruang tamu dimana terdakwa melihat ada TV merek Samsung lalu terdakwa ambil beserta remotnya dan dibawa terdakwa keluar dan pergi.

Namun aksinya ini diketahui oleh pemilik rumah dan sempat teriak maling, lalu secara spontan terdakwa langsung lari dan tak lama terdakwa buang TV ke rawa samping rumah warga dan langsung diamankan oleh warga. Atas kejadian ini  korban mengalami kerugian Rp 3 juta. (APRIANDO/B-6)

Berita Terbaru