Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaku Pembakar Lahan di Sampit Mengaku Diupah Rp 700 Ribu

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Juli 2021 - 18:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Terduga pelaku pembakar lahan di Jalan Jendral Sudirman Km 2, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengaku diupah Rp 700 ribu untuk membersihkan lahan.

"Saya diupah Rp 700 ribu untuk bersihkan dan bakar lahan dengan luasan 70x34 meter," ujar R, pria yang diduga membakar lahan, Selasa, 13 Juli 2021. 

R mengaku memang disuruh membakar oleh pemilik lahan yang berada di Palangka Raya. Namun dia juga diminta agar menjaganya dengan baik. Jangan sampai api menjalar ke lahan milik orang lainnya. 

Namun ternyata lahan yang dibakar oleh R tidak sanggup dijaganya, sehingga menyebar ke lahan milik orang lain dan membakar sekitar 1,3 hektare. 

"Sebenarnya saya juga bawa air, namun karena saat itu angin kencang, sehingga saya tidak sanggup menjaga api," terang R. 

Sementara Kasi Logistik dan Peralatan BPBD Kotim, Alfonsis Delon mengatakan, lahan yang terbakar memang awalnya hanya di Jalan Jendral Sudirman. Namun setelah api menjalar dan membesar, membuat kebakaran terjadi hingga tembus ke Jalan Pramuka. 

"Saat ini sudah kami padamkan, bersama tim Satgas Karhutla Kotim. Mudah-mudahan api tidak lagi muncul," harapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru