Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepahiang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Murung Raya PrihatinPernikahan Dini Masih Jadi Fenomena di Masyarakat

  • Oleh Trisno
  • 13 Juli 2021 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph menyampaikan keprhatinannya terkait dengan kasus pernikahan dini yang mesih menjadi fenomena yang dianggap biasa di masyarakat.

Padahal sampai saat ini, Pemerintah terus gencar mensosialisasikan kepada masyarakat akan dampak buruk dari pernikahan dini tersebut guna menekan angka penikahan dini di masyarakat.

“Saya prihatin, penikahan dini masih terjai di masyarakat, bahkan dianggap hal biasa. Padahal banyak dampak buruk dari pernikahan dini tersebut” kata Bupati, Selasa.

Bupati mengatakan bahwa penikahan dini tentu tidak disarankan, karena anak di usia dini masih belum mampu memikul tanggung jawab dalam keluarga.

Meski tidak seluruhnya, penikahan dini biasanya perakhir dengan penceraian, dan anak anak yang kurang terawatt dan mendapat perhatian.

Masih banyak dampak buruk lainnya, terutama pernikahan dini berkolerasi dengan peningkatan kasus stunting di masyarakat yang mau tidak mau harus menjadi perhatian bersama.

Bahkan, tidak sedikit kasus kasus perceraian terjadi karena pernikahan dini, karena sama sama masih muda, belum berfikir secara dewasa sehingga perceraian yang menjadi pilihan.

“Menekan angka penikahan dini harus disadari bukan Cuma tugas Pemerintah, semua pihak harus terlibat dan ikut serta, baik itu para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat hingga para orang tua” katanya.

Meski ada aturan tentang batasan usia pernikahan, namun hal itu dinilai kurang efektif karena bersifat himbauan tanpa adanya sanksi sehingga kerap diabaikan dan pernikahan dini masih terjadi.

Sehinga harus ada formula atau regulasi yang lebih tegas dalam mengatur usia pernikahan agar kasus penikahan dini dapat benar benar ditekan. (Trs)

Berita Terbaru