Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Siapkan 63 Ekor Sapi Kurban

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Juli 2021 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur melalui Panitia Hari Besar Islam atau PHBI menyiapkan 63 ekor sapi kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah.

Ketua PHBI Barito Timur, Rusdianor menjelaskan, hewan kurban akan didistribusikan ke seluruh kecamatan dengan mempertimbangkan permohonan pengurus masjid dan langgar, jumlah jemaah maupun hewan kurban yang disiapkan secara swadaya serta sumbangan pihak swasta.

"Hewan kurban yang akan didistribusikan terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh dinas perikanan dan peternakan. Jadi, mereka yang menentukan layak atau tidaknya hewan kurban yang akan didistribusikan, namun dari sisi umur kami sudah menentukan umur hewan kurban yang layak sebelum dibeli," kata Rusdianor di Tamiang Layang, Jumat, 16 Juli 2021.

Menurutnya pria yang juga menjabat Asisten III Sekda ini, seluruh hewan kurban yang disiapkan oleh PHBI berasal dari hasil ternak asli masyarakat Barito Timur.

"Semuanya kami ambil dari Desa Sumber Rejo Kecamatan Pematang Karau karena di sana ada sentra peternakan sapi dan ada BUMDes bidang peternakan. Jadi kita tidak mengambil dari luar daerah kita memberdayakan masyarakat dan BUMDes yang ada di Barito Timur," imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Sekretariat Daerah Barito Timur, Ahmad Gazali mengungkapkan Pemkab Barito Timur menganggarkan sebesar Rp 1 miliar untuk pembelian hewan kurban pada tahun ini.

"Kami dari kesra hanya menyiapkan anggarannya. Untuk pembelian hewan kurban, dilakukan oleh PHBI," katanya. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru