Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pedagang Luar yang Akan Berjualan di 6 Pasar Ini Diperiksa Satgas Covid-19 Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 18 Juli 2021 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pedagang dari luar Barito Timur yamg akan berjualan di pasar mingguan Desa Jaar, Jaweten, Murutuwu, Karang Langit, Magantis dan Sarapat diperiksa oleh Satgas Yustisi Covid-19 di perbatasan Pasar Panas Kecamatan Benua Lima, Minggu, 18 Juli 2021.

Personel gabungan  TNI, Polri, Dinas Perhubungan, BPBD, Satpol PP dan Dinas Perdagangan, sejak dini hari pukul 02.00 WIB telah berjaga di pos penyekatan dan jalan alternatif Desa Kandris Kecamatan Benua Lima.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan hingga pukul 06.30 WIB tersebut, pedagang non bahan kebutuhan pokok seperti perabotan rumah tangga dan konveksi diperintahkan putar balik atau dilarang masuk Barito Timur.

Sedangkan pedagang bahan kebutuhan pokok diperbolehkan masuk namun wajib menunjukkan bukti tes antigen covid-19 dengan hasil negatif. Jika tidak dapat menunjukkan bukti tes antigen maka pedagang dimaksud juga akan dilarang masuk.

Plt Kasatpol PP, Ari Panan P Lelu menegaskan penyekatan terhadap pedagang dari luar Barito Timur dilakukan berdasarkan Instruksi Bupati Barito Timur Nomor 500/413/Disdagkopukm.II/2021 tentang kewajiban dan ketentuan pedagang pasar harian dan pasar mingguan di wilayah Kabupaten Barito Timur memiliki surat pemeriksaan tes antigen covid-19 dengan hasil negatif.

"Kegiatan ini untuk bertujuan untuk menekan laju penularan covid-19 dari luar Barito Timur," jelasnya di Tamiang Layang.

Ari Panan menambahkan, pada kegiatan tersebut satgas covid-19 juga melakukan tes antigen secara acak kepada 13 pedagang lokal Barito Timur, namun saat berita diturunkan, hasil tes antigen tersebut belum didapatkan dari RSUD Tamiang Layang.

Dia juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang mengunjungi pasar agar aman dari penularan covid-19.

"Sebaiknya sebelum ke pasar, daftar barang yang akan dibeli sudah dicatat dari rumah. Jangan berlama-lama di pasar saat belanja serta patuhi protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," pesan Ari Panan.

Hingga hari ini, akumulasi covid-19 di Barito Timur berjumlah 1138 kasus. Rinciannya, 1105 telah sembuh, 11 orang masih dalam perawatan dan 22 orang meninggal dunia. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru