Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Debit Air Sungai di Wilayah Kobar Normal Meski Curah Hujan Meningkat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 Juli 2021 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Belakangan ini, curah hujan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengalami intensitas yang cukup meningkat. Namun demikian, berdasarkan pantauan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar, debit air sungai di beberapa kecamatan masih normal.

Kasi Pencegahan BPBD Kobar Pahrul Laji menyampaikan, situasi terkini air sungai di beberapa wilayah yang langganan banjir masih normal, atau masih dalam kategori aman dan bisa dipastikan tidak terjadi banjir, meski beberapa hari terakhir Kobar diguyur hujan cukup lebat.

"Saat ini kondisi debit air di Sungai Arut dan di Arut Utara masih normal. Kemudian sungai di Kotawaringin Lama memang ada kenaikan tetapi masih aman," kata Pahrul Laji, Minggu, 18 Juli 2021.

Seperti diketahui bersama, bahwa hujan dengan intensitas cukup deras beberapa waktu lalu, membuat sejumlah wilayah di Kabupaten tetangga yaitu Lamandau, sempat mengalami kebanjiran. Namun demikian, berdasarkan pantauan tim TRC BPBD situasinya masih normal untuk di hulunya, yaitu di wilayah Kobar.

Terpisah, Kepala Bidang Kedaturatan dan Logistik BPBD Kobar, Martogi Siallagan mengatakan, bahwa situasi di Kobar masih aman meskipun kerap diukur hujan lebat. Untuk saat ini, pihaknya juga sedang fokus penanggulangan pandemi Covid-19.

"Kalau situasi di Kibar masih aman. Kita saat ini fokus dulu penyemprotan cairan disinfektan dalam rangka penncegahan dan memutus mata rantai Covid-19," ucapnya.

Ia mengungkapkan bahwa dalam penanganan kebencanaan pihaknya selalu menyiapkan personel yang disebut dengan tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kobar. Sehingga, apabila ada suatu kejadian kebencaan, anggotanya selalu siap. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru