Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kurangi Penggunakan Plastik, Musala Nur Hidayah Gunakan Besek untuk Daging Kurban

  • Oleh Norhasanah
  • 20 Juli 2021 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sebagai upaya mengurangi penggunaan kantong plastik, Musala Nur Hidayah di Desa Natai Sedawak, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara menggunakan besek sebagai tempat daging kurban.

"Alhamdulillah, untuk penggunaan besek sebagai tempat daging kurban sudah kita lakukan sejak beberapa tahun lalu, dan tahun ini ada 1.300 besek," kata Panitia Kurban, Rendy Lesmana, Selasa, 20 Juli 2021.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara itu, upaya tersebut juga sebagai bentuk ajakan mengurangi penggunaan kantong plastik di wilayah Bumi Gawi Barinjam, terlebih dengan adanya edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutaan (KLHK) tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tanpa sampah plastik.

"Ini untuk mengurangi penggunaan sampah plastik," tuturnya.

Rendy berharap, kedepan, penggunaan kantong plastik pada Hari Raya Idul Adha bisa semakin berkurang dan panitia kurban di tempat lainnya bisa mengganti kantong plastik dengan alternatif lainnya.

"Kita sudah mulai menyosialisasikan melalui surat edaran yang kita sampaikan ke kecamatan-kecamantan, terkait pengurangan penggunaan sampah plastik. Kita berharap, kedepan tidak ada lagi penggunakan kantong plastik pada pembangian hewan kurban ke masyarakat," harap Rendy Lesmana. 

Dia menambahkan, pada tahun ini, Musala Nur Hidayah memotong 13 hewan kurban berupa sapi. Selanjutnya, daging dibagikan untuk warga sesuai kupon yang disediakan yakni berjumlah 1.300. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru