Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelestarian Cagar Budaya Dinilai Penting Jaga Ciri Khas Daerah

  • Oleh Donny Damara
  • 21 Juli 2021 - 14:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Hj Siti Nafsiah menilai, pelestarian cagar budaya yang ada di provinsi ini sangat penting untuk menjaga ciri khas daerah tetap ada.

Dia mengatakan, Kalteng memiliki banyak cagar budaya yang perlu diperhatikan dan dilestarikan agar keberadaannya bisa tetap terjaga dengan baik.

"Pelestarian situs budaya perlu dilakukan mengingat ini merupakan salah satu peninggalan sejarah masa lalu, ]]juga sebagi ciri khas daerah," ujarnya, Rabu, 21 Juli 2021.

Dia menjelaskan, pelestarian situs budaya juga perlu dikakukan bisa digunakan untuk sarana pendidikan sehingga penginggalan sejarah itu bisa dikenalkan kepada generasi penerus yang ada.

Di sisi lain juga bisa digunakan untuk objek wisata dan hal itu tentu akan berdampak positif bagi perekonomian yakni menambah PAD dari sektor pariwisata.

"Karena kita lihat provinsi lain juga memanfaatkan situs budayanya untuk berbagai sarana salah satunya pendidikan dan pariwisata. Jadi ini yang perlu kita ingatkan kembali agar pemerintah provinsi ini bisa memperhatikan setiap situs budaya yang ada di Kalteng," tuturnya.

Dirinya berharap, kedepan, pemerintah daerah setempat melalui dinas terkait dapat menggencarkan pelestarian situs budaya atau cagar budaya yang ada di Bumi Tambun Bungai ini. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru