Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Lepasliarkan Lutung ke Hutan Mentaya Seberang

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 22 Juli 2021 - 02:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) melepasliarkan lutung ke habitat aslinya, Rabu, 21 Juli 2021. Lutung abu-abu itu sebelumnya diserahkan oleh Hari Siswanto, pecinta satwa liar di Sampit.

"Hari ini kami menerima penyerahan dari pecinta satwa liar. Arahan dari pimpinan kami agar segera dirilis. Maka hari ini juga kami lepas liarkan," ucap Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah.

Lutung tersebut dilepasliarkan di hutan Kelurahan Mentaya Seberang, Kecamatan Seranau. Pihak BKSDA menyebutkan hutan di pinggir sungai inilah habitat aslinya.

Muriansyah menjelaskan, meski lutung abu-abu itu dalam kondisi masih sakit, namun tak baik dikurung. Harus dilepasliarkan ke habitat aslinya.

"Lutung ini sebenarnya aktif, namun sangat mudah stres. Jadi bukan sakitnya yang kita khawatirkan, tapi stresnya hingga membuatnya tak mau makan dan memperparah kondisi kesehatannya," katanya.

Lutung abu-abu atau Trachypithecus cristatus ini keberadaanya di alam liar hampir terancam. Namun secara populasi, khususnya di Kotawaringin Timur masih banyak.

"Banyak hidup sekitar Kecamatan Seranau, Mentaya Hilir Utara, dan Mentaya Hilir Selatan. Meski banyak ya tetap hewan dilindungi," imbuhnya.

Lutung ini diserahkan oleh pecinta satwa liar di Sampit. Setelah sebelumnya diamankan dari tangan warga yang sempat memeliharanya karena ditemukan dalam kondisi sakit. 

Lutung ini diduga akibat tersengat listrik di Jalan Kalimantan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru