Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lutung Masuk Kota masih Jadi Pertanyaan

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 22 Juli 2021 - 11:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Keberadaan lutung abu-abu masuk kota masih menjadi pertanyaan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Pasalnya primata ini tidak mungkin dipelihara oleh warga karena terbiasa hidup berkelompok. 

"Itu juga masih jadi pertanyaan kami, kalau dipelihara sepertinya tidak. Tidak ada bekas ikatan tali maupun rantai di tubuhnya," jelas Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Kamis, 22 Juli 2021. 

Di lokasi ditemukan, yakni  sekitar Jalan Kalimantan dan Jalan DI Panjaitan, juga jauh dari hutan.Dikhawatirkan lutung ini ditangkap oleh seseorang kemudian kabur. 

"Lutung kelabu atau hirangan ini hidup berkoloni jadi tidak bisa hidup sendiri, apalagi di kandang dia akan stres," jelasnya. 

Lutung itu diduga berjalan di tiang listrik dan tersetrum lalu jatuh ke tanah. Sehingga berdasarkan pengamatan petugas, terdapat luka pada paha dan kaki. Diduga mengalami luka bakar akibat tersetrum. 

Lutung tersebut pun diselamatkan warga di dalam kondisi lemah. Pecinta satwa liar pun melakukan penyelamatan dan langsung menjemput lutung ini ke rumah warga yang melaporkan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya upaya jual-beli terhadap satwa dilindungi itu. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 


TAGS:

Berita Terbaru