Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Dumai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan Bekas Peliharaan Muncul Kembali di Desa Bapanggang Raya Setelah Kabur 5 Tahun

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 22 Juli 2021 - 21:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor orangutan berukuran besar muncul disebuah hutan dekat kebun warga di Desa Bapanggang Raya, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kamis, 22 Juli 2021. Orangutan ini diduga bekas peliharaan salah seorang warga sekitar yang kabur 5 tahun yang lalu. 

"Saya bersama pelapor menemui ketua RT sekitar kemunculan orangutan. Keterangan pak RT, keberadaan orangutan di tempat tersebut sudah sekitar 5 tahun," jelas Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah. 

Pihaknya mendapatkan laporan dari Rudianto, warga Kecamatan Mentaya Hilir Selatan yang bekerja membuat bangunan di sekitar lokasi kemunculan orangutan. 

Petugas BKSDA pun meluncur ke lokasi yang berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari pusat Kota Sampit itu. Di lokasi, petugas menemukan orangutan yang dimaksud.

"Ada 1 individu orangutan diduga kuat berjenis kelamin betina, dewasa. Saat ditemukan, orangutan sedang berada di pohon cempedak," katanya. 

Muriansyah meyakini orangutan tak akan kabur jauh dari lokasi. Sebab lingkungan yang ada saat ini merupakan vegetasi kesukaan orangutan, yakni banyak buah-buahan, banyak pohon karet dan rotan. 

"Kondisi hutan terkurung jalan besar dan Sungai Lenggana dan permukiman," katanya. Warga sekitar khawatir akan terjadi konflik orangutan dengan manusia di sekitar itu. Apalagi lokasinya sangat dekat dengan jalan raya. 

"Insya Allah kami akan melakukan penyelamatan terhadap orangutan itu," pungkasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru