Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Khawatir Beruang Tidak Takut Lagi dengan Manusia

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 23 Juli 2021 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) khawatir beruang yang berkeliaran di sekitar proyek perumahan di Kompleks Wengga Metropolitan, tidak takut dengan manusia lagi.

"Saya khawatirnya seperti itu, kita lihat saja beruang tidak hanya mendekati permukiman malam hari tapi juga siang hari," ucap Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Jumat, 23 Juli 2021.

Berdasarkan pengamatan Muriansyah, semakin hari beruang yang muncul di kawasan itu makin berani. Ini terjadi karena beruang merasa terdesak karena kelaparan. 

Ditegaskannya, beruang yang muncul di kawasan perumahan Wengga Metropolitan ini bukan merupakan peliharaan di kebun binatang setempat. Melainkan beruang liar yang datang dari wilayah barat karena habitatnya rusak. 

"Meski makanan yang dimakannya saat ini bukan pakan alami, beruang sudah merasa kawasan ini menjanjikan baginya karena masih banyak kebun nanas dan warga yang buang sampah sembarangan," katanya. 

BKSDA tak bosan mengingatkan warga agar tetap waspada. Terutama saat beraktivitas di luar rumah malam hari. Selain itu, perilaku hidup sehat juga berperan penting mencegah beruang mendekat. Salah satunya dengan tidak membuang sampah dapur di sekitar rumah. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru