Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Smart Card Uji KIR di Palangka Raya Efektif Cegah Kecurangan

  • Oleh Hendri
  • 23 Juli 2021 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya
Alman Pakpahan mengatakan, inovasi Smart Card pada uji KIR kendaraan bermotor terbukti efektif mencegah kecurangan.

"Program itu dulu dari Dirjen Perhubungan Darat dan terbukti mampu menghindari kecurangan dalam uji kendaraan bermotor,” katanya saat Sidak di Terminal tipe A, Jumat 23 Juli 2021.

Pada smart card ini ada chip berisikan data identitas kendaraan dan hasil uji berkala poto kendaraan saat diuji, tanda pengesahan dan masa berlaku kendaraan.

Buku KIR yang digantikan dengan kartu smart card, akan membantu masyarakat untuk mempercepat proses uji KIR dan meminimalisir adanya tindak kecurangan seperti pemalsuan hasil uji KIR.

“Penggunaan sistem barcode juga akan diterapkan pada sertifikat dan stiker hasil uji KIR. Barcode ini pun dapat dipindai menggunakan handphone, jadi tidak bisa dicurangi,” terang Alman.

Adapun uji KIR dalam layanan PKB untuk Kota Palangka Raya dapat dilakukan pada Terminal Tipe A W.A Gara di Jalan Mahir Mahar.

Bagi masyarakat yang ingin mengurus PKB, maka harus terlebih dahulu mempersiapkan sertifikat registrasi uji tipe, STNK asli, kartu identitias pemilik kendaraan, surat permohonan uji kendaraan dari pemilik kendaraan dan surat keterangan terra bagi kendaraan tangki. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru