Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru Pelaksana Program Sekolah Penggerak Ikuti IHT dan Workshop

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 Juli 2021 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Hampir seluruh guru pada 16 sekolah (2 TK, 8 SD, 4 SMP dan 2 SMA) tersebar di wilayah Kabupaten Kapuas selaku pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) mengikuti In House Training (IHT) dan workshop.

Kegiatan tersebut menindaklanjuti pelatihan yang telah diikuti beberapa waktu lalu secara nasional, dan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kapuas, Suwarno Muriyat, bertempat di SMPN 2 Selat.

Suwarno juga membuka kegiatan sejenis namun dalam bentuk workshop oleh SDN 2 Selat Dalam.

Suwarno menuturkan bahwa para kepala sekolah, penilik dan pengawas telah mengikuti pelatihan maupun pendampingan intensif (coaching) one to one oleh pelatih ahli secara nasional dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Bahasa Kemdikbudristek Jakarta.

"Kini giliran untuk mengimplementasi dan mendesain pembelajaran agar berorientasi pada penguatan kompetensi maupun pengembangan karakter yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila, karenanya IHT ini digelar,” kata Suwarno, Sabtu 24 Juli 2021.

Lebih lanjut, dia menguraikan tentang strategi pencapaian Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas (PHKC) melalui koordinasi, kolaborasi dan konsistensi bahkan memberi sejumlah contoh cara membangun karakter dan memotivasi para peserta.

"Itu agar semakin menguatkan komitmen dan profesionalisme sebagai katalis perubahan paradigma pembelajaran," ucapanya.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Selat Kadeni, menyampaikan jika sekolah yang dipimpinnya melaksanakan IHT selama sepekan secara daring dan luring.

Pihaknya akan berinteraksi bersama pendamping ahli, pengawas pembina maupun stakeholder lain guna menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar.

"Sehingga akan membantu guru dalam mengukur Capaian Pembelajaran (CP). Tentunya diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan komptensi," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru