Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dandim Buntok Cek Kesiapan Pos PPKM Mikro di Kecamatan Pematang Karau

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Juli 2021 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Dwi Tantomo mengecek kesiapan Pos PPKM Mikro di Desa Bambulung, Lampeong dan Desa Tumpung Ulung Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur, Sabtu, 24 Juli 2021.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kalaksa BPBD Damkar Barito Timur, Pabung 1012 Buntok, Kapolsek Pematang Karau dan Danramil 1012-06 Bambulung.

Dandim mengungkapkan, sebagai wakil satgas covid-19 kabupaten, dia ingin melihat secara langsung kesiapan dari Pos PPKM Mikro karena pos tersebut merupakan garda terdepan menghadapi lonjakan kasus covid-19 yang sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir di tingkat nasional maupun daerah.

"Jadi kami ingin melihat langsung persiapan petugas di Pos PPKM Mikro baik tenaga kesehatan maupun unsur-unsur di desa," jelasnya kepada wartawan di sela kegiatan pengecekan.

Menurutnya, sesuai hasil rapat bersama Bupati Barito Timur, kapolres, kalaksa BPBD maupun kadinkes, diakui bahwa Barito Timur merupakan daerah transit atau lintasan dari Kalimantan Selatan ke menuju Kabupaten Murung Raya dan Barito Utara.

"Sehingga harapan kami kepada para perangkat posko baik itu dari pemdes, bhabinkamtibmas, babinsa danramil dan kapolsek terutama yang berada di jalan utama agar mengingatkan masyarakat jika ada orang yang mampir makan tetap harus mematuhi protokol kesehatan karena transmisi covid-19 dari luar sangat tinggi," ujar Dandim.

"Kita tahu mobilisasi masyarakat yang tinggi menjadi faktor utama peningkatan kasus positif covid-19," imbuhnya.

Dia juga mengingatkan pemdes agar menyiapkan rumah isolasi bagi pasien covid-19 tak bergejala agar tidak menulari anggota keluarga yang lain serta menekan laju penularan.

Kepada masyarakat Dandim menyampaikan, vaksinasi penting sehingga harus dilaksanakan, masyarakat harus mengikuti vaksinasi jika sudah dijadwalkan demi mengurangi resiko terpapar serta mengurangi resiko gejala yang berat jika terpapar.

"Bagi yang sudah mengikuti vaksinasi harapan kami agar tetap mematuhi protokol kesehatan, vaksin bukan penentu masyarakat aman dari covid-19, intinya vaksin harus dan protokol kesehatan juga tetap harus dijalankan sesuai anjuran pemerintah," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Dandim juga membagikan bingkisan pada setiap Pos PPKM Mikro yang dikunjunginya.

"Tadi saya mewakili Bupati dan Kapolres Barito Timur membagikan bingkisan berisi ransum yang biasa diterima oleh TNI Polri, bahan makanan dan masker, jangan sampai petugas di Pos PPKM Mikro sebagai garda terdepan tidak diperhatikan sehingga justru mereka yang terpapar," ujarnya. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru