Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Serapan Anggaran Penanganan Covid 19 di Kabupaten Kobar Rendah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 24 Juli 2021 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dari total Rp 47 miliar lebih serapan anggaran yang dialokasikan untuk penanganan Covid 19 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tergolong rendah. Karena hingga 15 Juli 2021 terserap Rp 15 Miliar lebih atau sekitar 32 persen.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kobar Rochim Hidayat, Sabtu, 24 Juli 2021 menjelaskan hal tersebut lantaran proses perubahan penjabaran APBD baru mulai bulan Mei 2021.

"Sedangkan regulasinya yaitu peraturan Bupati. Sehingga ada aturan dan kehati-hatian menjadi salah satu penyebab jumlah yang terserap nilainya sekitar Rp 15 miliar. Namun, rasanya masih wajar lantaran serapan anggaran sebesar 32 persen tersebut baru berjalan dalam kurun waktu dua bulan," jelas Rochim Hidayat.

Rochim Hidayat menjelaskan, pihaknya telah menyusun langkah-langkah untuk memacu serapan anggaran ini 

"Rapat dengan SOPD terkait seperti Dinas Kesehatan,BPBD, Rumah Sakit dan lainnya yang menerima program untuk penanganan covid-19 sudah dijadwalkan. Sehingga setiap minggu kami akan pantau terus untuk percepatan penyerapan anggaran," jelas Rochim Hidayat.

Selain itu, lanjut Rochim Hidayat, pihaknya juga terus menjalin koordinasi dengan instansi penegak hukum.

"Tujuannya agar bisa lebih hati-hati, agar tidak salah langkah dalam penggunaan anggaran," jelas Rochim Hidayat. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru