Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SSMS Rancang Kegiatan RSPO Virtual Tour

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 Juli 2021 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS merancang kegiatan Roundtable on Sustainable Palm Oil atau RSPO virtual tour dalam perlindunyan terhadap satwa dilindungi, orangutan.

Hal ini merupakan bentuk tekad SSMS dalam mengusung program kemitraan berkelanjutan dengan salah satunya menyediakan areal konservasi orangutan melalui program yang sesuai mekanisme Remediation & Compensation Program atau RaCP untuk memperkokoh implementasi RSPO.

Menjelaskan perihal ini, Head of Sustainability SSMS, Henky Satrio Wibowo dalam rilisnya pada Sabtu, 24 Juli 2021 mengatakan bahwa sebagai anggota RSPO, SSMS menegaskan komitmennya dalam menjalankan bisnis dimana SSMS tidak hanya mengedepankan profit namun juga kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat.

"SSMS merancang kegiatan RSPO virtual tour pada Agustus 2021 mendatang sebagai salah satu inisiatif mengimplementasikan program ini. Untuk mengecek perkembangan tersebut, tim RSPO mengunjungi areal konservasi orangutan di Pulau Salat, Desa Pilang, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah 12-13 Juni 2021 lalu," jelas Henky.

Pengecekan ini menurutnya merupakan kedatangan kedua RSPO untuk melihat progress kemitraan yang diinisiasi oleh PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk bersama Yayasan BOS atau Borneo Orangutan Survival sejak 2016.

Dirinya menambahkan, kegiatan virtual tour ini merupakan kesempatan bagus untuk mengedukasi dan menepis persepsi negatif masyarakat Indonesia terhadap industri sawit, apalagi kegiatan ini banyak melibatkan generasi muda.

Melalui kegiatan ini juga, pihaknya ingin menunjukkan bahwa SSMS, perusahaan yang bertanggung jawab. Selain itu sekaligus mengabarkan, hadirnya industri sawit dapat menjadi solusi serta memberikan kontribusi positif dalam pelestarian lingkungan dan satwa langka khususnya orangutan.

Selain mengunjungi Pulau Salat, tim RSPO juga menyempatkan bersilaturahim dengan Ketua BUMDes Pilang dan Ketua Kelompok Tani Pandohop yang menjadi penyuplai pakan orangutan dan kebutuhan logistik di Pulau Salat. Imam A. El Marzuq, Senior Manager Global Community Outreach and Engagement RSPO menyampaikan, tujuan utama kegiatan ini, untuk mengedukasi masyarakat, khususnya melalui generasi muda.

Intinya, mereka ingin memperlihatkan betapa praktek sawit berkelanjutan sudah dilakukan para pelaku industri sawit di Indonesia, yang tergabung dalam keanggotaan RSPO. Menurutnya, semula direncanakan mengajak peserta melakukan kunjungan langsung ke Pulau Salat. Akan tetapi, melihat kondisi pandemi Covid-19 yang belum kondusif, maka konsep kegiatan diubah menjadi kunjungan virtual dengan memanfaatkan platform digital.

Berita Terbaru