Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga dan Petugas Pemadam Berhasil Kendalikan Kebakaran Lahan di Desa Dorong

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 Juli 2021 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kebakaran lahan terjadi Desa Dorong Kecamatan Dusun Timur, Minggu, 25 Juli 2021 sekitar pukul 15.00 WIB. Beruntung, warga yang mengetahui kebakaran tersebut sigap memadamkan api dengan dibantu mobil pemadam BPBD Damkar Pos Benua Lima dan Relawan Matabu Jaya.

Kepala Desa Dorong, Superson menjelaskan lahan yang terbakar terletak di pinggir jalan RT 03 atau ujung desa yang terpisah dari pemukiman.

"Ini lahan yang memang rawan terbakar setiap datang musim kemarau karena tidak terurus dan banyak rumput kering," kata Superson.

Menurutnya, lahan yang sempat terbakar tidak sampai 1 hektare, karena api berhasil dikendalikan sebelum meluas.

"Terbakarnya di pinggir jalan saja yang banyak daun dan rumput kering," jelas Superson.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Damkar Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi yang dihubungi terpisah mengungkapkan, petugas di lapangan belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Namun dia menduga sumber api berasal dari puntung rokok yang dibuang di pinggir jalan.

"Saya mengimbau masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan karena rawan memicu kebakaran. Apalagi curah hujan yang mulai berkurang," pesan Riza. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru