Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Membrano Raya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Home Visit Bisa Diterapkan Selama Pandemi Covid-19

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 25 Juli 2021 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pandemi Covid-19 sangat menimbulkan berbagai dampak khususnya bagi pendidikan. Salah satunya adalah dengan ditundanya pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM), dan diberlakukannya kembali pembelajaran jarak jauh atau belajar secara daring.

"Untuk menyiasati ketidakkondusifan situasi seperti ini, selain home visit atau turun ke rumah, metode daring juga efektif," tutur Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Syaifudi, Minggu, 25 Juli 2021.

Adapun home visit bertujuan untuk melihat permasalahan yang dihadapi siswa dan memecahkan permasalahan yang menjadi kesulitan belajar saat belajar dari rumah.

Ditambahkannya, home visit ini akan melahirkan kedekatan emosional antara wali kelas dan siswa sehingga terciptanya hubungan yang harmonis dan saling timbal balik.

Pelaksanaan home visit ini bukan hanya tertuju kepada siswa tapi juga kepada keluarga siswa karena dengan dilakukannya home visit ini keluarga juga mendapatkan pandangan, pemahaman, arahan, motivasi, sikap dan cara yang perlu dilaksanakan oleh keluarga siswa.

Syaifudi menjelaskan, dalam mengefektifkan dan membangun suasana menyenangkan belajar daring di tengah pandemi ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. 

Pertama, yang perlu diperhatikan adalah anak harus dapat beradaptasi, menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi saat ini.

Kemudian, menyediakan tempat yang nyaman untuk belajar dan juga penyediaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran daring. 

Tak kalah penting adalah peserta didik harus fokus dengan pembelajaran daring dan memastikan ruangan punya pencahayaan maksimal.

"Gubernur ingin pendidikan yang bermutu, terjangkau, mencerdaskan, memberikan nilai-nilai karakter dan kemuliaan, yang juga menjadi satu-satunya visi yang harus diwujudkan khususnya di bidang pendidikan," tuturnya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru