Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antusiasme Umat Muslim di Kalteng untuk Berkurban Tahun ini Masih Tinggi

  • Oleh Donny Damara
  • 28 Juli 2021 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kalteng, Noor Fahmi mengungkapkan antusiasme umat muslim di Kalteng untuk berkurban pada Idul Adha 1442 Hijriah atau tahun ini masih tergolong tinggi.

Dia mengatakan, berdasarkan data Kanwil Kemenag Kalteng melalui Bidang Bimas Islam (BBI) hewan kurban yang diperuntuhkan untuk berkurban yakni mencapai 5.468 ekor.

"Terdiri dari 4.212 ekor sapi, 98 kerbau, dan 1.158 kambing. Paling banyak ada di Kabupaten Katingan yaitu mencapai 1.075 hewan kurban berupa 798 sapi dan 297 kambing," bebernya, Selasa, 27 Juli 2021.

Kemudian untuk jumlah hewan kurban paling sedikit ada di Kabupaten Lamandau yakni 116 ekor.

Selain itu, hewan kurban berupa kerbau sebanyak 98 ekor, tersebar di beberapa daerah. Di antaranya Kabupaten Gunung Mas, Barito Selatan, Murung Raya, serta Barito Utara.

Dia bersyukur meski ditengah pandemi Covid-19 antusiasme masyarakat muslim yang ada di daerah ini untuk berkurban masih sangat tinggi. Padahal dampak pandemi sangat dirasakan masyarakat khususnya pada sektor perekonomian.

"Semoga dengan berkurban menjadi salah satu niat dan cara kita keluar dari pandemi ini. Sebab, amal ibadah seseorang akan menghindarkan diri dari musibah maupun bencana," tutupnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru