Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Poliklinik Gigi RSUD dr Murjani Sampit Tutup Sementara

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 27 Juli 2021 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Poliklinik gigi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit, tidak membuka pelayanan untuk saat ini. Pasalnya, tenaga kesehatan yang bertugas di poliklinik itu terpapar Covid-19.

"Ya, dokternya isolasi mandiri," kata Wakil Direktur RSUD dr Murjani Sampit, drg Benyamin Kumila, saat dikonfirmasi borneonews.co.id, Selasa, 27 Juli 2021. 

Belum diketahui sampai kapan poliklinik gigi ini menghentikan pelayanan sementara ini. Namun bukanya pelayanan poliklinik ini sangat dinanti masyarakat.

"Sebab kalau ke dokter spesialis kita ketahui biaya yang dikeluarkan tentu lebih besar dibanding poliklinik," kata Idai, salah seorang warga. 

Seperti diketahui, peningkatan kasus Covid-19 itu masih terjadi hingga saat ini. Bahkan, tidak sedikit tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD dr Murjani Sampit terpapar virus berbahaya tersebut. 

"Cukup banyak teman-teman di RSUD dr Murjani Sampit yang positif Covid-19. Untuk jumlah pastinya belum bisa saya sampaikan," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotim, Umar Kaderi. 

Banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar tersebut, bukan hal yang baru. Karena bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19 dan risiko terpapar lebih besar. Walaupun, saat bertugas alat pelindung diri (APD) lengkap telah digunakan.

"Tenaga kesehatan memiliki resiko besar terpapar covid-19. Jadi saat ini, yang terpapar melakukan isolasi mandiri," kata Umar. 

Dia menerangkan, bahwa tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 tersebut tidaklah lama melakukan isolasi. Kebanyakan dari mereka, 5 hari isolasi saja sudah sembuh. Kemungkinan besar itu merupakan efek positif dari vaksin Covid-19. Rata-rata nakes yang terpapar hanya sebentar, cuma 4 hingga 5 hari," terang Umar. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru