Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distribusi Vaksin Diperkirakan Lancar pada Bulan Depan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 27 Juli 2021 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah (Kalteng), Suyuti Syamsul menyampaikan saat ini kelangkaan vaksin tidak hanya terjadi di Kalteng, tetapi berbagai daerah di Indonesia.

Namun, Suyuti memperkirakan distribusi vaksin akan kembali lancar pada Agustus 2021. Ia menjelaskan, kelangkaan stok vaksin dipicu bahan baku yang belum bisa dibuat sendiri.

“(Kelangkaan) terjadi karena kebutuhan bulk atau bahan baku vaksin masih belum bisa diproduksi sendiri di dalam negeri, sehingga harus impor dari luar negeri,” tuturnya.

“Untuk sementara distribusi vaksin tetap ada tetapi jumlahnya sedikit, sekitar 10 vial atau 100 dosis vaksin. Tentu dengan dosis sebanyak itu, tidak butuh waktu lama pasti akan habis, karena hanya cukup untuk 100 orang,” tambahnya.

Dengan langkanya vaksin, pihaknya memutuskan untuk memprioritaskan sekitar 35 ribu dosis vaksin yang masih tersedia, untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

“Untuk dosis pertama kami stop dulu. Sementara ini, stok vaksin diberikan kepada masyarakat yang menjalani vaksinasi dosis kedua, kasian kalau ini tidak dilanjutkan,” tuturnya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru