Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satu Anggota BPBD Barito Selatan Gugur Dalam Tugas Memadamkan Kebakaran

  • Oleh Uriutu
  • 29 Juli 2021 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Fahrul Fauzi (40), anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Barito Selatan, gugur dalam menjalankan tugas memadamkan kebakaran hutan di kawasan danau Desa Pamait, Kecamatan Dusun Selatan, Kamis, 29 Juli 2021 sekitar pukul 15.00 WIB.  

Kapolsek Dusun Selatan, Iptu Suranto mengatakan, kejadian tersebut berawal saat anggota BPBD memadamkan kebakaran lahan di Desa Pamait.

Setelah memadamkan kebakaran lahan, mereka beristirahat di bawah pohon yang ada di sekitar lokasi. Namun tiba-tiba korban berteriak menahan sakit didadanya.

Sempat diberikan pertolongan, korban tetap kesakitan. Kemudian, korban dibawa menggunakan mobil ambulance ke RSUD Jaraga Sasame Buntok. Selanjutnya, dinyatakan meninggal dunia.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik  BPBD Barsel Suwono, membenarkan bahwa anggotanya telah meninggal dunia atas nama Fahrul Fauzi.

"Anggota kami yang meninggal dunia tersebut sebenarnya karena kelelahan dan menurut informasi yang kami dapat dari keluarga Almarhum, bahwa yang bersangkutan sebelumnya memang memiliki riwayat penyakit jantung," kata Suwono.

Ia juga menerangkan, dalam melaksanakan tugas baik melakukan pemadaman atau penanggulangan bencana lainnya, seluruh anggota BPBD bekerja secara profesional, termasuk menjaga keselamatan diri.

"Sebelum melaksanakan tugas, kami tidak lupa selalu memberikan peringatan kembali kepada seluruh anggota agar mengutamakan keselamatan diri termasuk menggunakan peralatan proteksi diri," ujarnya.

Pihaknya pun merasa terpukul ketika mengetahui salah satu anggotanya gugur dalam tugas mulia tersebut.

Ia menambahkan, korban pingsan saat melakukan pemadaman. Pihaknya langsung melarikan  ke RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

Berita Terbaru