Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Pendidikan Kotim: Orang Tua Berperan Penting dalam Pembelajaran Jarak Jauh

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 30 Juli 2021 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Suparmadi menilai peran serta orang tua sangat penting  dalam pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan saat ini. Saat ini orang tua sebagai ujung tombang kesuksesan belajar selama pandemi ini.

"Orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembelajaran dari rumah atau daring ini. Sebab mereka menjadi ujung tombak dalam membimbing anak-anaknya," kata Suparmadi, Jumat, 30 Juli 2021.

Suparmadi mengatakan, dala pembelajaran daring ini,  orang tua akan lebih didekatkan sebagai pendidik anaknya. Sementara guru hanya sebagai penunjang.

"Tentunya akan lebih mendekatkan orang tua sebagai pendidik anak-anaknya. Harapannya anak-anak lebih mudah memahami apa yang disampaikan dalam pembelajaran daring dengan bimbingan orang tua," imbuhnya.

Suparmadi memaklumi tak semua orang tua dapat ambil peran dalam hal ini, sebab kesibukan yang dimiliki. Kendati demikian orang tua dipastikan masih bisa melakukan pendampingan.

"Memang diperlukan peran aktif dari orang tua maupun wali murid di sela-sela kesibukan mereka bekerja, untuk selalu melakukan pendampingan dan dukungan terhadap anak. Terutama selama masa penundaan pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan," katanya.

Menurutnya, untuk dapat memaksimalkan pembelajaran dari rumah, para orang tua juga dapat meminta kepada guru di sekolah untuk dapat memberikan pendampingan secara terbatas.

Ia mengakui proses pembelajaran dari rumah yang dilakukan dengan metode dalam jaringan memang masih memiliki banyak kendala. Tetapi hal tersebut menjadi pilihan mengingat keselamatan para peserta didik di tengah pandemi lebih diutamakan.

"Kita harapkan pandemi ini cepat berlalu sehingga kita dapat melaksanakannya pembelajaran tatap muka seperti sedia kala," pungkasnya. (USAY NOR RAHMAD/b-7)

Berita Terbaru