Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Pastikan Buaya di Perairan Sekitar Dermaga Penyeberangan di Sampit Jenis Terganas

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 01 Agustus 2021 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) memastikan buaya yang muncul ke permukaan Sungai Mentaya di sekitar dermaga penyeberangan itu jenis buaya muara (Crocodylus porosus). Buaya ini merupakan salah satu jenis yang terganas. 

Hal ini diketahui setelah petugas BKSDA meninjau perairan lokasi kemunculan buaya di sekitar dermaga penyeberangan Sampit, Kotawaringin Timur, Minggu, 1 Agustus 2021.

"Hasil observasi kami bisa dipastikan itu adalah buaya muara. Panjangnya sekitar 3 meter,"  ungkap Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah. 

Muriansyah mengimbau warga, agar meningkatkan kewaspadaan serta mengurangi aktivitas seperti berenang yang biasa dilakukan anak-anak di pesisir Sungai Mentaya. 

Pihak BKSDA juga berkoordinasi dengan para tokoh masyarakat dan Ketua RT di Kelurahan Mentaya Seberang, Kecamatan Seranau, agar memperingatkan warganya agar berhati-hati. 

Pihaknya belum bisa mengambil tindakan konkret dengan memasang perangkap maupun jerat. Sebab pergerakan buaya belum bisa ditebak. Apalagi  kemunculannya dalam waktu dekat ini baru sekali.

"Tapi kami akan tetap memantau," kata Muriansyah. 

Kemunculan buaya di perairan sekitar dermaga penyeberangan ini sempat membuat heboh warga. Setelah video kemunculannya tersebar di media sosial, Sabtu, 31 Juli 2021. Terutama yang setiap harinya beraktivitas di sungai, seperti warga dari Mentaya Seberang dan motoris  kelotok. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru