Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beredar Video Buaya Serang Manusia, BKSDA: Bukan di Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 02 Agustus 2021 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) langsung mengklarifikasi soal beredarnya video buaya memangsa manusia yang beredar di media sosial. BKSDA memastikan kejadian itu bukan di Sampit, Kotawaringin Timur. 

"Setelah beredar video kemunculan buaya di Sungai Mentaya, kemudian beredar pula video serangan buaya. Dan serangan buaya tersebut bukan di Sungai Mentaya," tegas Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, Minggu 1 Agustus 2021. 

Dalam video yang beredar itu tampak seekor buaya mengigit tubuh seorang manusia. Manusia tersebut tampak sudah meninggal dan dibawa mengapung ke permukaan sungai.

Buaya tersebut juga dipastikan bukan buaya yang tampak di Sungai Mentaya sehari sebelumnya. Buaya yang muncul ke permukaan Sungai Mentaya pada Sabtu, 31 Juli 2021 lalu, merupakan buaya muara. Sedangkan dalam video serangan merupakan jenis buaya siam. 

Di Indonesia buaya siam terdapat di Jawa dan Kalimantan. Namun di Kotawaringin Timur, khususnya perairan Sungai Mentaya, buaya jenis ini dipastikan tidak ada. Buaya siam atau dengan nama latin Crocodylus siamensis banyak hidup di perairan Kalimantan Timur. 

Sedangkan yang banyak hidup di perairan Kalimantan Tengah, khususnya di Kotawaringin Timur adalah buaya muara atau Crocodylua porosus. Lainnya yang sering ditemukan adalah buaya senyulong atau biasa masyarakat sebut dengan buaya sapit. (USAY NOR RAHMAD/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru