Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Memasuki Musim Kemarau, Kasus Karhutla Mulai Terjadi di Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 Agustus 2021 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Memasuki musim kemarau hal yang diantisipasi yaitu kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kini telah mulai terjadi. Beberapa hari terakhir ini di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat telah terjadi 2 kasus Karhutla.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar, Martogi Siallagan mengatakan kebakaran itu terjadi pada Senin dan Selasa kemarin dengan dua tempat kejadian yang berbeda.

"Pada Senin, 2 Agustus 2021 Karhutla terjadi di wilayah Kecamatan Kumai dan yang Selasa, 3 Agustus 2021, terjadi di Kecamatan Arut Selatan," ujarnya, Rabu, 4 Agustus 2021.

Dijelaskannya untuk yang di Kecamatan Arut Selatan, Karhutla terjadi di Kelurahan Mendawai Seberang. Dengan kondisi lahan gambut yang sudah mengering.

Pemadaman dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar, TNI, Manggala Agni, Tagana Kobar dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Seberang.

"Saat dilokasi kejadian, kondisi kering dan bergambut serta tidak ada sumber air, sehingga tiim bersama pihak terkait melaksanakan pemadaman dan pendinginan, dengan sumber air berasal dari tangky water suplay. Untuk di wilayah Mendawai Seberang lahan yang terbakar seluas 1 hektare," ungkapnya.

Seluruh Karhutla yang terjadi, tim gabungan telah berhasil melakukan pemadaman dan pendinginan. Sesuai prosedurnya, maka untuk memastikan api benar - benar padam, keesokan harinya selalu dilakukan Mopping Up. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru