Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD dr Murjani Sampit Batasi Swab PCR untuk Umum

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 06 Agustus 2021 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit terpaksa membatasi tes Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi masyarakat umum. Pasalnya, tenaga medis yang biasanya melayani itu terpapar Covid-19. 

Karena 2 tenaga medis spesialis Patologi Klinik kami terpapar Covid-19, jadi kami batasi,” ungkap Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD dr Murjani Sampit, Ari Wijayanto, Jumat, 6 Agustus 2021. 

Dengan begitu, tenaga medis yang ada saat ini tentunya berkurang. Sehingga pelayanan tes PCR terpaksa dibatasi.

Biasanya, RSUD dr Murjani Sampit melayani hingga 50 orang per hari, sekarang hanya sanggup 32 hingga 40 orang saja. Pembatasan itu dilakukan agar petugas yang ada tidak terlalu lelah. 

“Kami menjaga agar tenaga medis yang ada tidak terlalu lelah. Jika terlalu lelah akan berpengaruh pada kesehatannya. Itu yang kami pikirkan,” tambahnya.

Tes swab PCR ini memakan waktu cukup lama yaitu membutuhkan 4-5 jam. Jika pengambilan sampel dilakukan pada pagi hari maka hasilnya akan keluar sore hari. 

Selain itu dengan adanya pembatasan ini mengurangi jumlah warga dari luar daerah seperti Palangka Raya melakukan tes PCR ke Kotim. Pasalnya RSUD telah terlebih dulu membatasi tes PCR. 

“Sebelum dibatasi mereka melakukan tes PCR di sini, karena di sana sudah dibatasi untuk umum,” tutupnya.(USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru