Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Oksigen Difokuskan untuk Rumah Sakit Kecil

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 06 Agustus 2021 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Tengah (Kalteng), Suyuti Syamsul menyampaikan bantuan oksigen difokuskan untuk rumah sakit yang membutuhkan.

Rumah sakit tersebut adalah mereka fasilitas kesehatan yang kekurangan. Di mana hal ini biasanya terjadi di fasilitas kesehatan yang masih kecil.

“Itu sering terjadi di RS Swasta kecil, atau rumah sakit pemerintah yang masih kecil-kecil di daerah karena fasilitas kesehatan tersebut biasanya membeli dalam bentuk tabung dan bukan bukan oksigen cair,” sebutnya.

Suyuti mengakui terkait kekosongan oksigen relatif di setiap faskes. Ia menilai yang berat adalah rumah sakit yang tidak punya iso tank karena akan sedikit persediaannya.

“Maka fokus kita juga nanti ke situ (faskes kecil). Seperti RS Doris Sylvanus, RS Pangkalan Bun yang punya iso tank persediaannya sampai 20 atau 30 ton itu jarang menghadapi masalah,” tuturnya.

Kebutuhan tinggi untuk oksigen ini biasanya juga terjadi di Instalasi Gawat Darurat (IGD), sehingga nantinya bantuan juga akan difokuskan ke sana. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru