Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Makassar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Titik Panas Muncul Lagi di Kotim, Kecamatan Ini Jadi Penyumbangnya

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 09 Agustus 2021 - 11:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Titik panas atau hotspot kembali terdeteksi di Kotawaringin Timur. Titik panas ditemukan di Kecamatan Cempaga Hulu.

"Betul, ini indikasi adanya kebakaran hutan dan lahan di wilayah itu," ungkap Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya, Senin, 9 Agustus 2021. 

Satelit BMKG menunjukkan ada 4 titik panas di Kotawaringin Timur. Semuanya berada di Kecamatan Cempaga Hulu. Sementara di kabupaten lain ada 1 titik panas yakni di Katingan, tepatnya di Kecamatan Senaman Mantikei. 

Sementara berdasarkan prakiraan curah hujan, di Kotawaringin Timur untuk 24 jam ke depan, tidak ada hujan. Kondisi ini sama seperti pekan sebelumnya setelah sempat membaik ada turun hujan.

"Untuk prakiraan curah hujan selama 24 jam ke depan berdasarkan model Weather Research Forecasting adalah tidak ada hujan," katanya. 

Kendati demikian secara potensi kemudahan terjadinya kebakaran secara dominan Kotawaringin Timur masih kategori aman. Hanya sejumlah wilayah selatan masuk kategori mudah terbakar. 

Seperti diketahui, saat curah hujan minim kondisi permukaan daratan Kotawaringin Timur biasanya menjadi mudah terbakar. Kondisi ini rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Baik disebabkan faktor alam maupun faktor ulah manusia. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru