Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua DPRD Kotim: Tindak Tegas Pengusaha CPO yang Tumpah di Sungai Mentaya

  • Oleh Naco
  • 09 Agustus 2021 - 14:10 WIB

BOENEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), H Rudianur mendesak agar pemerintah menindak tegas kelalaian dari oknum pemilik usaha CPO yang tumpah ke Sungai Mentaya. 

Menurutnya, daerah sangat dirugikan dengan pencemaran yang terjadi akibat kelalaian dari pihak angkutan CPO tersebut.

“Kami minta ini harus ditindak tegas karena sudah jelas ada unsur kelalaian sehingga menyebabkan Sungai Mentaya dicemari dengan tumpahan CPO tersebut,”kata Rudianur, Senin, 9 Agustus 2021.

Rudianur mengaku sebagai warga sekitar pelabuhan sangat dirugikan dengan kelalaian itu. Bahkan dirinya menyebutkan jika itu membuktikan faktor kesalahan dari angkutan mengakibatkan kejadian tersebut.

Ia juga menekankan agar DLH Kabupaten Kotim bersikap professional untuk masalah semacam ini, supaya tidak terulang lagi kedepannya.

Rudianur merupakan orang pertama kalinya yang saat kejadian itu langsung ke lokasi. Dirinya melihat, gumpalan minyak kelapa sawit itu dipermukaan sungai khususnya di perairan wilayah Bagendang itu sendiri. 

Saat itu, dia tidak menemukan sumber kebocoran dari CPO. Namun berselang beberapa saat kemudian ternyata kebocoran CPO itu berasal dari tongkang pengangkut yang bersandar di wilayah pelabuhan itu. Tidak diketahui persis tongkang CPO milik perusahaan mana.

“Kalau berbicara aturan sudah jelas ini urusan lingkungan hidup sudah ada sanksi yang mengaturnya tinggal aparat penegak hukum yang melakukan pemeriksaan dan penyelidikan sehingga kasus itu bisa ditemukan unsur tindak pidanannya,”kata Rudianur.

Rudianur mengakui dengan penindakan dilakukan itu akan memberikan efek jera kepada siapapun yang memanfaatkan  pelabuhan dan sungai sebagai sarana untuk mobilisasi. Sehingga kedepannya selalu berhati-hati. (NACO/B-7)

Berita Terbaru