Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPR RI Dorong Penguatan Daya Saing Koperasi dan UMKM Kalteng di Tengah Pandemi

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Agustus 2021 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota DPR RI Mukhtarudin, terus berupaya dan mendorong agar koperasi dan UMKM yang merupakan salah satu pendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah, tidak hanya bertahan tetapi bangkit menjadi lebih kuat, mampu beradaptasi dengan keadaan ditengah pandemi Covid-19 saat ini dan berinovasi pada berbagai peluang usaha.

Agar Koperasi dan UMKM di kalimantan tengah pada era disrupsi saat ini, agar bisa tetap eksis dan bersaing pada pasar global / internasional maka sudah menjadi keniscayaan untuk bertransformasi dan masuk dalam ekosistem ekonomi digital.

Hal tersebut, disampaikan oleh, Mukhtarudin saat memberikan sambutan dalm kegiatan Zoom Meeting dengan tema 'Penguatan Daya Saing Koperasi dan UMKM Dalam Kondisi Covid-19 Se-Kalimantan Tengah Tahun 2021', pada Senin, 9 Agustus 2021, yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalilmantan Tengah.

"Sebagai bentuk komitmen dan bentuk tanggung jawab serta komitmen saya sebagai anggota DPR RI, dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah, maka saya akan selalu berupaya untuk melakukan koordinasi dgn semua stakeholder terkait untuk melakukan penguatan serta terobosan-terobosan dalam rangka terus mendukung perkembangan dan keberlangsungan hidup ribuan Koperasi & Puluhan ribu UMKM di Kalimantan Tengah dimasa pandemi Covid-19 ini,"  kata Mukhtarudin.

Mukhtarudin menyampaikan, bahwa saat ini UMKM mengalami berbagai permasalahan, antara lain seperti, penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun. Hal ini menjadi ancaman bagi Perekonomian Nasional.

UMKM sebagai Penggerak ekonomi domestik dan penyerap tenaga kerja, tengah menghadapi penurunan produktivitas yang berakibat pada penurunan profit secara signifikan. Dalam situasi krisis ekonomi seperti ini, sektor Koperasi dan UMKM sangat perlu perhatian khusus dari pemerintah.

Sebagai upaya agar kondisi perekonomian semakin membaik, sektor Koperasi dan UMKM sebagai salah satu pilar pertumbuhan ekonomi saat ini harus pulih dan berkembang. Oleh karena itu, pembinaan dan bantuan untuk pelaku UMKM di masa Pandemi di Kalimantan Tengah perlu menjadi perhatian berbagai pihak, khususnya Kementerian Koperasi & UKM RI.

"Sebagai Anggota DPR RI dapil Kalimantan Tengah, Saya juga ingin agar Bantuan Produktif Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku usaha mikro di Kalimantan Tengah ini yang disampaiakan seperti yang disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Tengah yang dibacakan oleh asisten III Pemerintah Provinsi agar efektif, efisien dan tepat sasaran," tegasnya. Saya berharap serapan KUR dan BPUM di Kalimantan Tengah agar kedepan semakin ditingkatkan.

Diketahui bahwa, kegiatan sosialisasi melalui Zoom Meeting tersebut diisi pemateri oleh Deputi Kementerian Koperasi & UKM RI, hadir juga Kadis Koperasi dan UKM Kalteng, Kadis Koperasi UKM Kabupaten/Kota se - Kalteng, seluruh peserta baik pengurus Koperasi maupun para pelaku UMKM se-Kalteng.

"Jadi saya mengundang dua Pejabat yang berkompeten dalam pembinaan Koperasi dan UMKM Kementerian Koperasi & UKM RI sebagai nara sumber untuk menyampaikan materi yang relevan, kepada ratusan Pelaku Koperasi & UMKM di Kalteng.

Berita Terbaru