Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Titik Panas Tidak Terpantau di Katingan Dalam 2 Hari Terakhir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Agustus 2021 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Katingan menyebutkan dalam 2 terakhir tidak terpantau terkait titik panas atau hot spot.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Katingan, Hap Bapperdo, Selasa, 10 Agustus 2021 mengatakan semua kecamatan sudah dilengkapi alat pemantau titik hotspot itu.

"Untuk hotspot belum ada terpantau dalam 2 hari terakhir," kata Hap Bapperdo.

Terakhir titik panas terpantau melalui satelit Noaa20/VIIRS  pada tanggal 31 Juli 2021 lalu di dua lokasi, yakni Desa Buntut Bali, Kecamatan Pulau Malan dan Desa Keruing, Kecamatan Kamipang.

Menurut Hap Bapperdo, tidak terpantaunya titik panas dalam beberapa hari terakhir dikarenakan adanya turun hujan di beberapa wilayah.

Meski demikian, ujar Hap Bapperdo pihaknya tetap mengimbau kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Apalagi Katingan sejauh ini termasuk daerah yang rawan dengan kontur tanah bergambut.

Jika musim kemarau atau lama tidak ada hujan, wilayah yang rawan kebakaran atau lahan gambut jika terjadi karhutla akan sangat sulit sekali untuk dipadamkan.

Hap Baperdo mengaku bersyukur karena selama ini masih ada hujan di sejumlah wilayah di Katingan, sehingga sementara masih aman dari ancaman karhutla ini.(ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru