Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aliansi Dayak Bersatu: Masalah DOB Kotawaringin Tidak Perlu Diributkan

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Agustus 2021 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Koordinator sekaligus juru bicara Aliansi Dayak Bersatu (ADB) Kalteng, Ingkit Djaper mengatakan masalah pemekaran DOB Kotawaringin yang tengah dibahas saat ini tidak perlu diributkan.

Menurutnya hal itu hanya membuang-buang tenaga dan pikiran saja terlebih lagi pada saat pandemi Covid-19 yang tengah melanda Kalteng saat ini, dan lebih baik semua pihak bersatu padu bersama pemerintah berjuang memutus mata rantai virus tersebut.

"Tidak perlu lah kita ribut-ribut masalah pemekaran DOB Kotawaringin ini. Perlu bersama kita ketahui bahwa proses pembahasan masalah ini sudah berjalan di DPRD Kalteng hampir 2 tahun," ucapnya, Rabu, 11 Agustus 2021.

Dikatakannya, semua proses itu sudah dilewati cukup panjang. "Kalau saya tidak salah, pada awalnya hanya ada 6 fraksi yang setuju kecuali PDIP, akan tetapi pada akhirnya PDIP setuju juga dengan pemekeran DOB tersebut," katanya.

Oleh sebab itu, ketika semua sudah sepakat suka tidak suka harus dikeluarkan dan diteken persetujuan oleh ketua DPRD Kalteng untuk selanjutnya diusulkan ke pemerintah pusat.

Yang perlu diketahui juga, proses ataupun tahapannya masih sangat lama, apalagi moratorium masih belum dicabut dan saat ini di prioritaskan pemekaran DOB hanya untuk wilayah perbatasan, bahkan 20 Tahun lagi pun belum tentu dikabulkan.

"Salah satu bukti konkritnya yaitu terjadi juga pada DOB Kabupaten Kapuas Ngaju, Pelataran, dan Rungan Manuhing, sudah kurang lebih 5 tahun sama sekali tidak ada kepastian," tuturnya.

Ditambah lagi sebut dia, saat ini pemerintah pusat hingga daerah masih fokus terhadap penanganan Covid-19 yang melanda. Sehingga, untuk memikirkan masalah DOB tentu tidak seperti membalikan telapak tangan. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru