Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Pertanian Kalteng Tumbuh Didorong Produksi TBS

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 Agustus 2021 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pertumbuhan sektor pertanian Kalimantan Tengah sebesar 1,77 % (year on year/dibandingkan Triwulan II Tahun 2020). Kontribusi sektor pertanian adalah 22,29 % dari total PDRB Kalimantan Tengah.

"Komponen pada pertumbuhan sektor pertanian disumbang oleh produksi tandan buah segar kelapa sawit yang meningkat, karena sudah memasuki masa panen (y-on-y)," kata Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran dalam rilisnya pada Rabu, 11 Agustus 2021.

Tidak hanya produksi perkebunan kelapa sawit yang meningkat menurut Sugianto, tetapi juga produksi karet dan kelapa turut meningkat.

"Harga karet meningkat sehingga banyak petani yang menyadap karet. Produksi kelapa naik seiring dengan permintaan konsumen selama Ramadhan," jelasnya.

Sementara pada sektor pertambangan dan penggalian disumbang oleh produksi batubara yang meningkat, sebaliknya produksi bauksit menurun signifikan dibanding triwulan yang sama tahun sebelumnya (y-on-y).

"Produksi batubara menurun jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya (q-on-q). Namun pada industri pengolahan, produksi CPO, minyak goreng dan turunannya meningkat hingga 9 persen dibanding triwulan yang sama tahun sebelumnya (y-on-y). Produksi kayu olahan baik plywood maupun kayu olahan rakyat menurun jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya (q-on-q)," bebernya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru