Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara Imbau Masyarakat Berpartisipasi Dalam Penanggulangan Karhutla

  • Oleh Norhasanah
  • 12 Agustus 2021 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Windu Subagio mengimbau seluruh masyarakat Bumi Gawi Barinjam untuk ikut berpartisipasi dalam penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

"Penanggulangan pemadam kebakaran ini yang jelas tidak terlepas dari asal apinya. Oleh karena itu, masyarakat dalam hal ini saya minta untuk partisipasinya," pinta Windu Subagio usai apel siaga darurat karhutla, Kamis, 12 Agustus 2021.

Dirinya mengingatkan, agar masyarakat yang sedang beraktivitas membersihkan lahan, jangan sampai legiatan tersebut dapat menimbulkan kebakaran sehingga membuat repot banyak orang.

"Hati-hatinya ya saat membersihkan lahannya disaat musim kemarau ini, jangan sampai ada api yang tidak terkendali oleh mereka," pesannya.

"Jadi intinya, mari kita bersama mencegah karhutla ini, saya minta kesadarannya juga, kalau sudah jadi api repot semua," tambah Windu Subagio. 

Sebelumnya, Kasi Kedarutanan BPBD Sukamara, Ahmad Zen mengatakan bahwa hingga awal Agustus 2021 Satgas Karhutla Sukamara telah memadamkan sebanyak 17 titik kebakaran. "Sampai sekarang kebakaran yang sudah ditangai kurang lebih 17 titik," ujar Zen.

Zen menerangkan, Satgas Karhutla terdiri dari TNI dan Polri, Manggala Agni, KPHP, Masyarakat Peduli Api dan pihak perusahaan perkebunan selalu menghadap beberapa kendala saat dilapangan.

"Seperti lokasi kebekaran yang sulit dijangkau kendaraan maupun tim satgas, contohnya seperti kebakaran diseberang sungai dan lainnya," ungkapnya.

Juga dukungan sarana dan prasarana yang ada saat ini belum maksimal, mengingat untuk BPDB hanya memiliki beberapa unit kendaraan operasional ditambah dengan peralatan pemadaman yang dimiliki pihak lainnya.

"Meski demikian Satgas tetap berupaya melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan dengan maksimal sesuai dengan kondisi yang ada dilapangan,” tukasnya. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru