Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pencegahan Karhutla di Kapuas Didorong Lakukan Upaya Preventif dan Penyuluhan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 12 Agustus 2021 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pencegahan dan antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Kapuas didorong agar selalu melakukan upaya preventif melalui penyuluhan ataupun sosialisasi.

Hal itu disampaikan Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat dalam sambutan saat pimpin apel dan gelar pasukan sarana prasarana penanggulangan karhutla pada Kamis 12 Agustus 2021. Ia mendorong stake holder terkait untuk melakukan itu.

"Dengan melakukan upaya pencegahan atau prepentif melalui penyuluhan–penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang ada di tingkat kecamatan dan desa," kata Ben.

Termasuk camat, lurah, kepala desa, kapolsek, danramil, babinsa, babin kamtibmas, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

"Kita juga perlu mengaktifkan kembali posko-posko karhutla mulai dari tingkat kabupaten sampai tingkat desa/kelurahan yang berintegrasi dengan posko covid-19," tuturnya.

Pihaknya juga perlu melakukan evaluasi dan inventarisasi seluruh kekuatan personil, serta melakukan pengecekan dmempersiapkan kembali seluruh sarana dan prasarana pendukung yang ada, baik sarana mobilisasi, maupun sarana operasi.

"Kita juga harus mengoptimalkan penggunaan anggaran yang ada baik dana bagi hasil sumberdaya kehutanan maupun dana desa untuk pembelian sarana prasarana yang dibutuhkan dalam upaya penanggulangan karhutla di Kabupaten Kapuas," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru