Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Barito Utara Ajak Masyarakat Tidak Percaya Hoaks di Media Sosial

  • Oleh Ramadani
  • 13 Agustus 2021 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Anggota DPRD Barito Utara, Mustafa Joyo Muhtar mengajak masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan hoaks di media sosial (medsos) terkait penanganan Covid-19.

Mustafa Joyo Muhtar menceritakan hal itu penting mengingat kasus covid-19 saat ini masih menunjukkan peningkatan. Menurutnya, covid-19 itu nyata.

"Akibat hoaks ini, banyak warga mengabaikan protokol kesehatan seperti tidak mengenakan masker di tempat umum, termasuk di tempat ibadah. Imbasnya, makin banyak masyarakat terpapar covid-19," kata dia, Jumat, 13 Agustus 2021.

Rumah sakit juga dibanjiri pasien covid-19. Bahkan Pemkab Barito Utara melakukan inisiatif untuk membuat tempat isolasi terpadu di bandara lama.

Mustafa menambahkan, informasi palsu tentang vaksin juga menyebar. Padahal itu penting untuk menumbuhkan kekebalan tubuh dan menciptakan herd immunity.

"Hoaks tentang vaksin juga diikuti narasi dan gambar fakta palsu," katanya.

Selain itu, hoaks juga mengakibatkan orang sakit tidak dibawa ke RS. Pasalnya ada anggapan dan kekhawatiran di-covid-kan.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat berhenti menyebarkan hoaks di media sosial. Segala informasi yang diterima harusnya dipilih dan dicari kebenarannya terlebih dahulu. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru