Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Kalteng Lepaskan Trenggiling ke Habitatnya

  • Oleh Apriando
  • 14 Agustus 2021 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah melepaskan satu ekor Tranggeling (Manis javanica) ke Habitat aslinya, Sabtu 14 agustus 2021.

Kepala Resort Cagar Alam (CA)/Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Tangkiling, Ahmad Mubaraki, mengatakan pihaknya melepaskan satwa Trenggiling ke alam habitat aslinya, setelah dianggap layak dan mampu bertahan.

"Sudah kita lepaskan ke habitatnya di Kawasan Suaka Alam (KSA)/Kawasan Pelestarian Alam (KPA), di Sungai Sebangau, mengingat status trenggiling yang langka, saya ucapkan terimakasih kepada warga yang menyerah Trenggiling ke BKSDA," ucapnya.

Mubaraki menerangkan, satu ekor satwa Trenggiling tersebut merupakan temuan masyarakat pada 8 agustus 2021 lalu di pekarangan rumahnya.

Ia yang ikut langsung menerima penyerahan tersebut memberikan apresiasinya sebesar-besarnya kepada masyarakat luas telah ikut serta dalam upaya penyelamatan satwa dilindungi.

Mubarak mengimbau masyarakat yang mengetahui atau menemukan adanya satwa liar dilindungi disekitar CA/TWA Bukit Tangkiling, dimana  kebetulan masuk kebun atau pekarangan bisa menghubungi petugas yang ada di resort.

Petugas BKSDA Kalteng siap melakukan penjemputan langsung hewan ke tempat masyarakat yang melapor.

"Kami mempunyai call center yang bisa dihubungi masyarakat yang hendak menyerahkan hewan temuan yang dilindungi ataupun yang dipelihara, melalui kontak 08115218500," tambahnya. (APRIANDO/B-5)

Berita Terbaru