Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Pulang Pisau Minta ASN Jadi Contoh Penerapan Prokes

  • Oleh Asprianta
  • 16 Agustus 2021 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang meminta ASN selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) serta memberikan contoh perilaku hidup bersih dan sehat dengan tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Taty sapaan akrab Bupati Pulpis itu mengungkapkan banyak aparatur sipil negara (ASN) dan tenaga kerja harian lepas (TKHL) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulpis beberapa minggu terakhir terkonfirmasi positif Covid-19. Menurutnya pihaknya juga telah berupaya mengantisipasi ancaman penyebaran Covid-19 di kalangan ASN dan TKHL.

“Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau selama bulan Juli dan Agustus ini sudah memberikan kebijakan WFH kepada para ASN dan TKHL melalui ketentuan yang diatur lebih lanjut oleh masing-masing kepala Dinas," kata Taty.

Namun, lanjutnya, organisasi perangkat daerah (OPD) tugas utamanya adalah menjalankan pelayanan publik melalui perangkat daerah dan harus tetap berlangsung dan tidak mungkin pelayanan publik harus terhenti. 

“Apalagi di tengah tengah pandemi seperti ini, sehingga dapat dikatakan ini adalah risiko dari pelayanan publik,” sebutnya.

Taty menjelaskan, kendati untuk menekan risiko itu kepala perangkat daerah rata-rata sudah menerapkan 25 persen aparaturnya masih bekerja di kantor dan 75 persen WFH dan dilaksanakan secara bergilir kepada aparaturnya.

“Kemungkinan ASN /THKL pada saat gilirannya bekerja di kantor inilah terdampak,” ucapnya. 

Taty juga menegaskan, untuk ASN atau TKHL yang terdampak wajib untuk isolasi mandiri dan kantor-kantor tempat kerjanya pun wajib disemprot disinfektan secara rutin.

"Kendati demikian kami tetap melakukan evaluasi terus untuk sebab-sebab semakin banyaknya ASN yang terkonfirmasi positif Covid 19," tandasnya.

Berdasarkan Data dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pulpis pada Minggu kedua Bulan Agustus 2021 tercatat, jumlah ASN/TKHL/BUMN/Bank/Honorer yang terpapar Covid-19 mencapai 222 orang terdiri dari laki-laki 132 orang dan perempuan 90 orang.

Berita Terbaru