Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Satgas Covid-19 Kapuas Lakukan Swab Antigen Secara Acak Pelanggar Prokes

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Agustus 2021 - 13:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim Satgas Bidang Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19 Kapuas telah melakukan swab antigen secara acak bagi yang masih melanggar protokol kesehatan di tengah penerapan PPKM level 4 di daerah setempat.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kapuas yang juga sebagai Koordinator Penegakan Hukum Protoko, Syahripin melalui Kabid Penegakan, Ricky Adi Saputra mengatakan pihaknya terus melakukan upaya pendisiplinan terhadap masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

“Beberapa hari ini Tim Penegakan Hukum Protokol Kesehatan bersama Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas melakukan swab Antigen dan rapid antigen bagi pelanggar protokol kesehatan atau masyarakat  yang keluar rumah tidak mengunakan masker dan berkerumun,” kata Ricky, Senin 16 Agustus 2021.

Dari hasil pemeriksaan di tiga tempat disekitaran Jalan Pemuda, yang mana dilakukan secara acak dalam pemeriksaan swab antigen terhadap 6 orang pelanggar protokol kesehatan. "Dalam pemeriksaan ini didapati satu orang yang positif Covid-19," ucapnya.

Lalu, di wilayah Jalan Seroja pihaknya memeriksa 2 orang pelaggar protokol kesehatan dengan hasil Swab Antigen dinyatakan negatif.

Begitu juga dengan pemeriksaan di Jalan Trans Kalimantan, dimana ditemukan dua pelangaran protokol kesehatan dengan hasil Swab Antigen negatif.

“Untuk warga yang hasil test swab antigennya positif, langsung di tangani Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas,” jelasnya.

Adapun kegiatan Tim Satgas Hukum potokol kesehatan tersebut dilakukan berdasarkan Perbup Kapuas nomor 46 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian covid-19.

Juga didasari Surat Edaran dan Instruksi Bupati Kapuas tentang pengetatan PPKM level 4. "Untuk itu dilakukan semacam pemeriksaan Swab Antigen di tempat secara acak atau random bagi pelanggar protokol kesehatan akan terus dilaksanakan untuk menekan kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Kapuas," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru